Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membeli Sapi Lokal di Pasar Hewan Agar Tidak Tertipu





Trik dan Akal-akalan Blantik Pedagang Sapi di Pasar Hewan Yang Perlu Diketahui Calon Pembeli Sapi Pemula

Pasar hewan adalah salah satu pilar utama dalam menggerakkan bisnis sapi lokal peternak rakyat. Perputaran sapi dipasar hewan bisa mencapai ratusan ekor sehari dengan nilai milyaran rupiah setiap hari pasaran.

Berbagai macam cara digunakan pedagang sapi untuk menarik pembeli sapi agar mau membeli sapi yang dibawanya dengan harga tinggi. Untuk para pembeli baik itu jagal maupun pemain sapi lokal yang sudah berpengalaman tentunya tidak akan tertipu dengan berbagai trik dari blantik tersebut. Pengalaman bertahun-tahun bisnis sapi menjadikan para pemain sapi hafal diluar kepala terhadap akal-akalan blantik sapi.

Trik para blantik dalam menjual sapinya dipasar hewan sebaiknya diketahui oleh para calon pembeli sapi lokal pemula atau calon peternak sapi lokal yang masih belajar. Apa saja trik para blantik yang wajib diketahui calon pembeli baru di pasar sapi? Bagaimana cara mengantisipasi trik-trik tersebut silahkan simak ulasannya dibawah ini semoga bermanfaat.

 

Memberi Makan dan Minum Sapi Sampai Perutnya Penuh

Trik ini biasa dilakukan blantik sapi pada awal pasar hewan dibuka, biasanya mereka mencontang sapinya dengan menggunakan dedak dan air sampai sapi tersebut kekenyangan dan perutnya akan membesar. Perut yang terisi penuh akan membuat sapi tersebut terlihat gemuk jika sapi yang dicontang adalah sapi kurus. Trik ini tidak atau jarang dilakukan blantik untuk sapi yang memang benar-benar sudah gemuk atau super.

Cara mengatasi trik blantik yang satu ini sangat sederhana, jika anda mau test apakah sapi tersebut benar-benar gemuk atau tidak maka tekanlah daging dipunggung sapi bagian belakang mendekat ke ekor. Jika daging terasa tebal dan kenyal maka umumnya sapi tersebut memang lumayan sudah gemuk dan jika langsung terasa keras atau menyentuh tulang punggung maka biasanya sapi tersebut memang kurus.

Cara berikutnya adalah jangan menawar sapi itu pada awal pasar buka, biarkanlah sampai beberapa jam. Jika sapi tersebut hasil contangan maka dalam beberapa jam sapi tersebut akan sering kencing dan lama-lama kondisi perutnya akan semakin mengecil dan akan terlihat kondisi badan sapi yang aslinya apakah benar-benar gemuk atau memang kurus.

Cara lainnya ambilah rumput atau tebon dan coba kasih sapi makan, jika sapi masih lahap makan maka kondisi sapi mungkin sekali normal dan bukan hasil conthangan dan jika sapi tidak mau makan sama sekali berarti sapi tersebut memang sudah kekenyangan dengan conthangan blantik.

 

Blantik Berdiri di Tempat Yang Lebih Tinggi Dari Pembeli Sapi

Cara seperti ini digunakan agar sapi terlihat lebih besar dan lebih tinggi. Hati-hati saat anda berbelanja sapi dipasar hewan yang kontur tanahnya tidak rata alias naik turun ada yang tinggi dan rendah maka saat akan menawar sapi dari blantik sebaiknya cari posisi tanah yang datar, rata antara sapi dan anda sehingga besar kecil sapinya lebih terlihat apa adanya.

 

Mengatakan Bahwa Sapi Sudah Ditawar Sekian dan Sekian Oleh Pembeli Lain

Trik ini banyak dilakukan blantik sapi dan juga mungkin oleh pedagang barang lainnya. Jika benar-benar sudah ditawar oleh pembeli lainnya pun kadang angka harga yang disebutkan tidak sesuai dengan aslinya.

Cara mengatasinya adalah biarkan saja sapi tersebut ditawar dulu oleh pembeli lainnya apalagi jika anda kurang berminat dengan postut sapinya. Anda bisa mengikuti tawaran pedagang lain dengan pura-pura melihat-lihat sapi lain tetapi tetap berdiri didekat sapi tersebut. Umumnya sapi-sapi yang ditawarkan dengan harga tinggi dan dibilang sudah ditawar pembeli lain dengan harga yang menurut anda tingga biasanya akan susah lakunya. Anda bisa menunggu sampai pasar mau tutup jika memang tertarik dengan sapi tersebut dan tawarlah dengan harga anda sendiri yang wajar menurut anda.

 

Berbicara dengan Keras Sambil Menepuk-nepuk Sapinya

Biasanya blantik sering menjual sapinya dengan menepuk punggung sapi dengan keras sambil memuji sapinya dan mengatakan bahwa sapi tersebut bagus, super dan lain-lain. Hal ini bisa secara tidak langsung mempengaruhi pembeli dan terbawa kemauan blantik bahwa sapi tersebut benar-benar bagus. Cara mengatasinya adalah anda tidak perlu mendengarkan ucapan blantik dan fokus pada performance sapinya saja, biarlah blantik ngoceh apa saja, pokoknya jika menurut kita sapinya OK dan anda cocok lakukan penawaran dan jika tidak ya jangan ditawar.

Tips terakhir untuk menghindari tertipu di pasar hewan saat akan membeli sapi lokal adalah ajak teman atau rekanan anda yang memang berprofesi sebagai pedagang sapi yang memang anda percayai dan ikutilah cara dia menawar sapi dari blantik dalam beberapa kali pasaran dan jangan malu-malu untuk minta sedikit ilmu cara membeli sapi di pasar hewan darinya.