Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Domba Ekor Gemuk dan Ekor Tipis


2 Jenis Kambing Gibas (Domba Gibas), Ciri-ciri dan Perbedaannya

Kambing gibas terdapat 2 macam jenis itu berdasarkan ekornya. Yaitu :

Jenis kambing gibas ekor gemuk. 

Kambing gibas yang mempunyai ekor panjang dengan jumlah ruas tulang ekor mencapai 14, bearti itu termasuk ke dalam kambing gibas dengan ekor gemuk.

Ciri-ciri kambing gibas ekor gemuk yaitu bentuk tubuh cukup besar dan memiliki bulu yang tebal dan gembel, serta bentuk ekornya kasar. Bentuk ekor dari kambing gibas jenis ini cenderung mengecil pada bagian ujungnya. Fungsi bagian ujung ekor kambing gibas jenis ini yaitu tempat penyimpanan cadangan lemak. Yang kemudian cadangan lemak tersebut berguna sebagai asupan energi pada saat kambing gibas ini sedang menghadapi cuaca ekstrim. Bobot dari kambing gibas jenis ini dapat mencapai 50 kg hingga 70 kg untuk kambing gibas jantan dewasa. Dan betinanya antara 30 kg sampai 40 kg. Di Indonesia populasi kambing gibas ekor gemuk banyak sekali terdapat di daerah Madura.

Jenis Kambing gibas berekor tipis.

Jenis Kambing gibas ini yaitu kambing gibas asli Indonesia yang populasinya banyak terdapat di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kambing gibas ekor tipis ini memiliki ciri-ciri seperti bentuk tubuh yang kecil, Kambing gibas ekor tipis ini juga pertumbuhannya cukup lambat, bulu kasar dan perolehan dagingnya relatif sedikit. bobotnya berkisar antara 30 kg - 40 kg untuk kambing gibas jantan dan bobot kambing gibas ekor tipis betina berkisar antara 20 kg - 25 kg. prosentase perolehan karkas yaitu 44 % sampai 49 % dari total kambing gibas berekor tipis. Karkas yaitu bagian dari kambing yang memiliki nilai jual tinggi seperti daging, bagian tulang dan lemak daging. Ekornya yang tipis, memiliki panjang sekitar 20 centimeter dengan ketebalan kuranglebih 3 centimeter dan lebar pangkal ekor 5,5 centimeter.